Surat Keputusan

Pengetian Surat Keputusan

Contoh Surat - Surat keputusan adalah surat yang dikeluarkan oleh instansi atau organisasi yang diwakili oleh pimpinan yang tertinggi yang berisi pernyataan memutuskan sesuatu hal yang berhubungan dengan tertib organisasi yang bersangkutan.
Hal-hal yang perlu diatur dengan surat keputusan karena biasanya bersifat penting dan sangat menentukan kebijakan atau kegiatan perusahaan tersebut. Surat keputusan hanya boleh dikeluarkan dan dibuat oleh pejabat yang berhak membuat dan mengeluarkannya.
Suatu perubahan terhadap isi yang telah ditetapkan dalam surat keputusan hanya dapat dirubah dengan surat keputusan yang lain, tidak dapat dirubah dengan surat biasa.
Surat keputusan banyak dikeluarkan oleh dinas pemerintahan, tetapi swasta juga ada yang mengeluarkan, hanya saja tidak sebanyak dan sesering surat keputusan dinas pemerintahan.

Susunan dan Isi Surat Keputusan
Surat keputusan berisi pernyataan yang mengikat semua pihak yang terlibat dan kedudukan surat keputusan terletak di tingkat teratas. Bila kita bandingkan dengan surat yang lainnya, surat keputusan pun harus ditandatangani oelh pejabat tertentu atau pimpinan tertinggi organisasi.

Surat keputusan dibuat atau dikeluarkan untuk kepentingan sebagai berikut:
Untuk menetapkan atau mengubah status atau kedudukan seseorang anggota atau pegawai maupun barang atau material.
Untuk mensahkan berlaku atau tidaknya suatu tulisan dinas.
Untuk membentuk, mengubah status atau membubarkan suatu kesatuan organisasi atau instansi perusahaan.
Untuk menyerahkan wewenang tertentu kepada seorang pejabat (pendelegasian wewenang).
Untuk mensahkan berlakunya suatu petunjuk pedoman, undang-undang dan lain-lain.




Contoh Surat Keputusan

Contoh Surat Keputusan - Membuat surat keputusan sebetulnya cukup mudah, kita hanya perlu memahami saja apa kaidah penulisan yang harus kita tuangkan, dan setelah itu kita hanya membuat kata - kata yang baik dan sopan agar surat yang dibuat sempurna. Untuk lebih memahami seperti apa surat keputusan itu, berikut kami berikan beberapa contoh yang bisa membuat Anda lebih bisa memahami tentang surat keputusan. Simak dan pelajari baik-baik tata penulisannya.





















Contoh Surat Keputusan

SURAT KEPUTUSAN
No. ..../SK/......-HRD/I/16

Perihal : Pengangkatan Karyawan Tetap

Setelah melakukan beberapa tahapan evaluasi terhadap kinerja Saudara Suparjo terhitung mulai tanggal 10 Januari 2011 dengan jabatan sebagai pegawai sementara PT. Bumi Emas dibagian Administrasi Pergudangan, maka dengan ini PT Lautan Emas menganggap Sdr. telah memenuhi kriteria untuk diangkat menjadi karyawan tetap dengan ketentuan sebagai berikut:
Menimbang                 : Berdasarkan pengamatan dan penilaian yang obyektif Sdr. Suparjo
Mengingat                   : Berdasarkan Anggaran Dasar dan Peraturan Perusahaan PT. Bumi                                       Emas
Memperhatikan           : Kebutuhan akan sumber daya manusia di PT. Bumi Emas

MEMUTUSKAN
Mengangkat Saudara Suparjo sebagai Kepala Pergudangan, Bila mana dikemudian hari ditemukan kesalahan dengan diterbitkannya Surat Keputusan ini, maka pihak perusahaan akan melakukan penyesuaian ulang sebagaimana mestinya.

Di Tetapkan di Jakarta pada tanggal : 1 September 2011

PT. Bumi Emas


.............................
Manager HRD

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH ORGANISASI KOPERASI

Chanel terbaik belajar bahasa Inggris tingkat SD

Bahasa Inggris Kurikulum Merdeka SD SMP SMA