MAKALAH EKONOMI INTERNASIONAL
Diajukan Guna Memenuhi Salah Satu Tugas Makalah
Pengantar Ilmu Ekonomi
Disusun oleh :
Nama :
Periaman Lase
Npm : 15M1175
AKADEMI MANAJEMEN BUMI SEBALO BENGKAYANG
TAHUN AKADEMI 2017/2018
KATA PENGANTAR
puji syukur
kehadirat Tuhan yang telah melimpahkan berkat, rahmat, dan karunia-Nya
sehingga kami dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “Ekonomi
Internasional”.
Shalawat
serta salam senantiasa kami curahkan kepada Nabi Agung Muhammad SAW,
junjungan umat Islam, pembawa kebenaran di muka bumi.
Terima kasih
kepada Bapak Ariza Fuadi S.HI,MA selaku dosen mata kuliah Ilmu Pengantar
Ekonomi yang telah memeberikan arahan serta bimbingan, dan juga kepada semua
pihak yang telah terlibat dalam penulisan makalah ini.
Penulisan
makalah ini dimaksudkan untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Ilmu
Pengantar Ekonomi. Adapun isi dari makalah yaitu menjelaskan tentang Ekonomi
Internasional meliputi Perdagangan Internasional dan Keuangan Internasional.
Terlepas
dari berbagai kesalahan dan kekurangan dalam makalah ini, penulis sangat
berharap agar makalah ini dapat membantu dalam proses belajar serta memahami
lebih jauh mengenai masalah Ekonomi Internasional.
Sekian dan
terima kasih.
Bengkayang, 19 Oktober 2017
Penyusun
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR ……………………………………………………………………………………………
1
DAFTAR ISI …………………………………………………………………………………………………………
2
BAB I
PENDAHULUAN
………………………………………………………………………………………………… 3
- Latar Belakang Masalah ………………………………………………………………………………. 3
- Rumusan Masalah ……………………………………………………………………………………….. 3
BAB II
PEMBAHASAN ……………………………………………………………………………………………………
4
- Perdagangan Internasional ……………………………………………………………………………. 4
- Keuangan Internasional ……………………………………………………………………………….. 7
BAB III
PENUTUP …………………………………………………………………………………………………………….
10
A. Kesimpulan ……………………………………………………………………………………………………….
10
DAFTAR PUSTAKA …………………………………………………………………………………………….
12
BAB 1
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Sebuah kata
“ Perdagangan “ tak pernah terlepas dari diri setiap Negara. Segala macam
interaksi terjadi tak hanya di pasar local bahkan mencapai manca Negara atau
lebih dikenal dengan Internasional.
Dalam
perputarannya dari masa ke masa selalu mengalami perkembangan fluktuatif,
baik dari objek maupun subjeknya.
Perdagangan
internasional dipermudah oleh pasar keuangan internasional yang menyebabkan perdagangan
valas dan aliran modal berjalan lancar antar negara. Pada era globalisasi
seperti sekarang ini akses masuk ke pasar keuangan dalam konteks perdagangan
internasional menjadi teramat sangat mudah dengan berkembangnya teknologi
informasi moderen.
Aktifitas-aktifitas
perdagangan internasional perusahaan dari waktu ke waktu semakin penting. Tren
ini terutama disebabkan oleh ditemukannya cara baru oleh bank-bank komersial
untuk membiayai perdagangan internasional. Walaupun bank-bank membiayai
perdagangan domestik, peranan mereka dalam membiayai perdagangan internasional
memiliki posisi yang lebih penting karena adanya komplikasi-komplikasi tambahan
yang terlibat.
1.2
Rumusan Masalah
1.2.1
Apakah yang dimaksud dengan Perdagangan Internasional ?
1.2.2
Apakah yang dimaksud dengan Keuangan Internasional ?
BAB II
PEMBAHASAN
2.1
Perdagangan Internasional atau Business International
- A. Pengertian
Perdagangan
internasional didefinisikan terdiri dari kegiatan perniagaan dari suatu Negara
asal yang melintasi perbatasaan menuju suatu Negara tujuan yang dilakukan oleh
perusahaan untuk melakukan perpindahan barang dan jasa, perpindahan modal, perpindahan
tenaga kerja, perpindahan teknologi, dan perpindahan merk dagang.
Perdagangan
internasional dapat juga diartikan sebagai perdagangan yang dilakukan oleh
penduduk suatu negara dengan penduduk negara lain atas dasar kesepakatan
bersama. Penduduk yang dimaksud dapat berupa antarperorangan (individu dengan
individu), antara individu dengan pemerintah suatu negara atau pemerintah suatu
negara dengan pemerintah negara lain. Di banyak negara, perdagangan
internasional menjadi salah satu faktor utama untuk meningkatkan GDP.
- B. Faktor Pendorong Perdagangan Internasional
- Perbedaan sumber daya alam
Sumber daya
alam yang dimiliki setiap negara berbeda-beda. Jarang suatu negara memiliki
sumber daya alam yang lengkap untuk memenuhi kebutuhan. Untuk mendapatkan
sumber daya alam yang dibutuhkan dan tidak dimiliki oleh negara itu, diperlukan
pertukaran antarnegara. Pertukaran antarnegara tersebut menyebabkan terjadinya
perdagangan internasional.
- Selera
Selera juga
dapat menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya perdagangan internasional.
Misalkan, meskipun di Indonesia terdapat banyak buah apel, tetapi orang
Indonesia banyak yang menyukai apel Australia sehingga Indonesia perlu
mengimpor apel Australia.
- Penghematan biaya produksi (efisiensi)
Perdagangan
internasional memungkinkan suatu negara dapat memasarkan hasil produksinya pada
banyak negara. Negara tersebut berproduksi dalam jumlah besar sehingga dapat
menurunkan biaya produksi. Barang yang diproduksi dalam jumlah besar akan lebih
murah daripada barang yang diproduksi dalam jumlah kecil. Masalah efisiensi
juga menjadi alasan tidak diproduksinya barang berteknologi tinggi oleh negara
berkembang. Sebenarnya banyak ahli Indonesia yang mampu membuat mobil yang
canggih. Akan tetapi karena industri mobil lokal belum berkembang, biaya
produksi dan pemasarannya menjadi mahal.
- Perbedaan teknologi
Ada negara
yang telah mencapai keunggulan dalam memproduksi barang berteknologi maju.
Sebagian negara masih belum mampu menerapkan teknologi maju dengan baik. Negara
yang menggunakan teknologi maju dapat menjual barang dengan harga murah pada
negara yang teknologinya sederhana. Misalnya, Indonesia mengimpor mobil dari
Jepang, karena Jepang telah lebih maju dalam teknologi pembuatan mobil.
- C. Teori perdagangan internasional
- Teori keunggulan mutlak (absolute advantage theory) dari Adam Smith
Suatu negara
disebut memiliki keunggulan mutlak dari negara lain jika negara tersebut mampu
memproduksi lebih banyak barang dari negara lain, dengan menggunakan sumber
daya produksi yang sama.
- Teori keunggulan komparatif (comparative advantage theory) dari David Ricardo
Adam Smith
yang mengemukakan teori keunggulan mutlak, menekankan bahwa perdagangan
internasional terjadi jika ada keunggulan mutlak.
David
Ricardo, murid Adam Smith melengkapi teori gurunya dengan mengatakan
bahwa perbedaan keunggulan komparatif juga dapat memberi keuntungan. Dua negara
akan tetap melakukan pertukaran melalui perdagangan internasional walaupun
salah satu negara mempunyai semua keunggulan.
- D. Kebijaksanaan pemerintah dan pengaruhnya terhadap perdagangan internasional
- 1. Kebijakan perdagangan bebas
Kebijakan
ini menghendaki perdagangan internasional berlangsung tanpa adanya hambatan
apapun dari pemerintah, baik hambatan tariff maupun hambatan kuota.
- 2. Kebijakan proteksi
Ada dua
alasan kuat yang mendorong lahirnya kebijakan proteksionisme, yaitu melindungi perekonomian
domestik dari tindakan negara atau perusahaan asing yang tidak adil, dan
melindungi industri-industri domestik yang baru berdiri (infant industry).
Industri-industri domestik yang baru berdiri biasanya memiliki struktur biaya
yang masih tinggi, sehingga sulit bersaing dengan industri asing yang memiliki
struktur biaya rendah (karena sudah memiliki skala ekonomi yang besar).
Proteksi bertujuan untuk melindungi industri domestik yang sedang berada dalam
tahap perkembangan. Proteksi ini memberi kesempatan kepada industri domestik
untuk belajar lebih efisien dan memberi kesempatan kepada tenaga kerjanya utnuk
memperoleh keterampilan. Kebijakan proteksi biasanya bersifat sementara. Jika
suatu saat industri domestik dirasakan sudah cukup besar dan mampu bersaing
dengan industri asing, maka proteksi akan dicabut.
- E. Manfaat perdagangan internasional
- Memperoleh devisa
Jika kita
mengekspor suatu komoditas, kita mendapat mata uang asing seperti dolar
Amerika, yen, atau jenis mata uang lainnya. Mata uang asing ini biasa disebut
devisa. Devisa dapat digunakan misalkan untuk mengimpor barang modal dan
konsumsi.
- Memperluas kesempatan kerja
Untuk
menghasilkan barang ekspor dibutuhkan tenaga kerja. Coba bayangkan jika barang
tambang, hasil pertanian, dan hasil kerajinan tidak diekspor? Tentu saja orang
yang bekerja di sektor itu akan menganggur.
- Menstabilkan harga-harga
Jika harga
jenis barang dalam negeri mahal atau jumlahnya kurang dan tidak memenuhi
permintaan pasar, maka barang tersebut harus diimpor. Dengan adanya impor, harga
barang jenis tersebut akan stabil dan permintaan pun dapat terpenuhi.
- Meningkatkan kualitas konsumsi
Melalui
perdagangan internasional, penduduk dapat membeli barang-barang yang belum
dihasilkan di dalam negeri atau mutunya belum sebaik produk luar negeri.
Perdagangan internasional dapat memacu industri dalam negeri untuk meningkatkan
kualitas produk yang dihasilkan agar dapat bersaing di pasar internasional. Di
Indonesia, barang seperti itu beragam, antara lain televisi, pakaian, sepatu,
dan perabot.
- Mempercepat alih teknologi
Untuk
menggunakan barang-barang yang diimpor dari luar negeri, dibutuhkan pengetahuan
dan keterampilan tertentu. Oleh karena itu, pihak penjual perlu mengadakan
bimbingan atau pelatihan untuk menggunakannya. Hal seperti itu akan mempercepat
alih teknologi. Alih teknologi memungkinkan suatu negara untuk mempelajari
teknik produksi yang lebih modern.
2.2
Keuangan
Internasional
A. Pasar keuangan secara umum
- 1. Pengertian pasar keuangan
Pasar
keuangan merupakan mekanisme pasar yang memungkinkan bagi seseoarang
untuk dengan mudah dapat melakukan transaksi penjualan dan pembelian dalam
bentuk sekuritas keuangan (seperti saham dan obligasi)
- 2. Manfaat pasar keuangan
Tanpa adanya
pasar keuangan ini maka peminjam uang (kreditur) akan mengalami kesulitan dalam
menemukan debitur yang bersedia untuk memberikan pinjaman keoadanya. Pengantara
seperti bank membantu proses ini, dimana bank menerima deposito dari nasabahnya
yang memiliki uan untuk ditabung dan kemudian bank dapat meminjamkan uang ini
kepada orang yang berminat untuk meminjam uang.
- 3. Fungsi pasar keuangan
Pasar
keuangan memiliki tiga fungsi:
1)
Pasar menentukan harga aktiva yang diperdagangkan melalui interaksi antara
penjual dan pembeli. Hal ini disebut proses penemuan harga (price discoveri
process)
2)
Pasar keuangan menyediakan suatu mekanisme bagi investor untuk menjual aktiva
kewajibannya. Karena kegunaan tersebut, pasar keuangan dapat menawarkan suatu
liquiditas, yaitu kemampuan untuk mengubah aktiva menjadi kas. Ini merupakan
hal yang menarik jika suatu yang ada dapat mendorong atau memotivasi investor
untuk menjual.
3)
Adanya kemampuan untuk menurunkan biaya transaksi: biaya pencarian dan biaya
informasi. Biaya pencairan mengacu pada biaya eksplisit,seperti biaya iklan dan
biaya implisit seperti waktu yang dihabiskan untuk menemukan penjual atau
pembeli. Keberadaan pasar keuangan teroganisir menurunkan biaya pencairan.
Biaya informasi merupakan biaya yang dikeluarkan dalam menilai hasil investasi
aktiva keuangan.[1]
B. Pasar
keuangan internasional
1)
Pengrtian pasar keuangan internasional
Pasar
keuangan internasional merupakan pertemuan antara pembeli dan penjual yang
sujeknya adalah antar negara yang bersangkutan, untuk memperdagangkan produk
keuangan dalam berbagai cara termasuk penggunaan bursa efek, secara langsung
antara penjual dan pembeli (over-the-conter).
2)
Globalisasi pasar keuangan
Globlalisasi
berarti perpaduan (integrasi) dari pasar keuangan seluruh dunia kedalam suatu
pasar keuangan internasional. Karena globalisasi pasar keuangan, calon investor
dan penerbit (issuer) tidak hanya melakukan transaksi dalam lingkup domestik
yang terbatas.
3)
Faktor-faktor yang mendorong terciptanya intregasi pasar keuangan
adalah:
- Deregulasi atau liberalisasi pasar dan aktifitas peserta pasar pada pusat keuangan utama.
- Kemajuan teknologi yang memungkinkan pengawasan pasar dunia.
- C. Pengelompokan pasar dunia
- 1. Dari sudut pandang suatu negara, pasar keuangan dapat dikelompokan sebagai:
a)
Pasar internal
Pasar
internal disebut juga pasar nasional, pasar ini dibedakan menjadi pasar
domestik dan pasar asing. Pasar domestik merupakan pasar dimana
perusahaan-perusahaan penerbit sekuritas berdomisili dinegara tersebut.
Sedangkan pasar asing adalah pasar dimana dilakukan jual beli sekuritas dari
perusahaan yang tidak berdomisili dinegara tersebut.
b)
Pasar eksternal disebut juga pasar internasional.
- 2. Jenis-jenis pasar keuangan internasional
a)
Pasar eurocurency
Pasar
eurocurency memudahkan transfer dana internasional khususnya yang berjangka
waktu pendek.
b)
Pasar eurocredit
Pasar ini
melayani unit ekonomi yang kekurangn dana.
c)
Pasar eurobond
Pasar ini
memudahkan tranfer dana jangka panjang dari pihak yang kelebihan dana kepada
yang kekurangan dana.
d)
Pasar modal internasional
Pasar ini
melayani tranfer dana jangka panjang dalam wujud investasi equiti.
e)
Pasar currency swap, futures, options, dan forward
Transfer
dana internasional dalam pasar keuangan internasional seringkali menempatkan
para pelaku ekonomi dalam kondisi mudah menderita risiko valas, risiko suku
bunga. Risiko ini dalam praktiknya dapat diminimalisasi melalui pasar currency
swap, futures, option, dan forwad.
BAB III
PENUTUP
3.1
Kesimpulan
Perdagangan
internasional didefinisikan terdiri dari kegiatan perniagaan dari suatu Negara
asal yang melintasi perbatasaan menuju suatu Negara tujuan yang dilakukan oleh
perusahaan untuk melakukan perpindahan barang dan jasa, perpindahan modal,
perpindahan tenaga kerja,perpindahan teknologi, dan perpindahan merk dagang.
Faktor
Pendorong Perdagangan Internasional
- Perbedaan sumber daya alam
- Selera
- Penghematan biaya produksi (efisiensi)
- Perbedaan teknologi
Manfaat
perdagangan internasional
- Memperoleh devisa
- Memperluas kesempatan kerja
- Menstabilkan harga-harga
- Meningkatkan kualitas konsumsi
- Mempercepat alih teknologi
Pasar
keuangan internasional merupakan pertemuan antara pembeli dan penjual yang
sujeknya adalah antar negara yang bersangkutan, untuk memperdagangkan produk
keuangan dalam berbagai cara termasuk penggunaan bursa efek, secara langsung
antara penjual dan pembeli (over-the-conter).
Faktor-faktor
yang mendorong terciptanya intregasi pasar keuangan adalah:
- Deregulasi atau liberalisasi pasar dan aktifitas peserta pasar pada pusat keuangan utama.
- Kemajuan teknologi yang memungkinkan pengawasan pasar dunia.
Jenis-jenis
pasar keuangan internasional
- Pasar eurocurency
- Pasar eurocredit
- Pasar eurobond
- Pasar modal internasional
- Pasar currency swap, futures, options, dan forward
DAFTAR PUSTAKA
Kindle
berger, Charles,dkk. 1995. Ekonomi Internasional. Universiti of
California at Davis: Erlangga
Krugman,Paul
R. 2004. Ekonomi Internasional: Teori dan Kebijakan. Jakarta: INDEKS
Kuncoro,
Mudrajat. 2001, Manajemen Keuangan Internasional: Pengantar Bisnis
Global. Yogyakarta: BPFE
Madura,
Jeff. 2001. Manajemen Keuangan Internasional. Florida Atlantic
Universiti: Erlangga
Waluya,
Harry. 1995. Ekonomi Internasional. Jakarta : PT.RINEKA CIPTA
Sartono,
Agus. 2001. Manajemen Keuangan Internasional. Yogyakarta: BPFE.
Komentar
Posting Komentar